-->
Wajan termasuk perabot rumah tangga penting di dapur. Bagaimana tidak, semua masakan dapat diolah menggunakan alat ini. Kamu dapat memasak sup, tumisan, sampai gorengan dengan alat dapur satu ini. Wajan pun biasanya tersedia dalam berbagai ukuran, mulai kecil sampai besar, sehingga dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

Namun, apa pun jenis wajannya, jangan lupa untuk rutin merawatnya, ya. Kalau wajan selalu dirawat, dijamin alat ini umurnya akan panjang dan selalu kinclong. Nah, terkadang, meskipun sudah dirawat, tapi bisa saja muncul kerak gosong di dasar ataupun bagian bawahnya. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya noda gosong ini, seperti api kompor terlalu besar saat masak, wajan kurang bersih saat digunakan, atau proses memasak terlalu lama.

Jika sudah muncul noda gosong di wajan, biasanya akan sangat sulit hilang kalau dibersihkan seperti biasa. Biar wajan kinclong lagi, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh TERA TEKNIK, nih. Usut punya usut, trik ini hanya membutuhkan modal sekitar Rp2.000 saja. Penasaran gimana triknya?

"Yang kotor ini nanti bisa bersih banget, ya,"

Pria akrab disapa Tera ini mengatakan, ia biasa memanfaatkan 1 buah wajan lagi untuk membantu membersihkan wajan yang memiliki noda gosong. Kebetulan, wajan miliknya yang satu lagi juga kotor di bagian dalam atau dasarnya, sehingga bisa sekaligus dibersihkan. Triknya, masukkan air secukupnya ke wajan yang kotor di bagian dalamnya, lalu rebus di atas api sedang.

Masukkan sabun cuci piring secukupnya ke dalam air rebusan. Nah, sabun ini jadi bahan inti untuk membantu bersihkan noda gosong di wajan. Kamu bisa pakai setengah bungkus kecil sabun cuci piring. Tera mengatakan, satu bungkus sabun cuci piring ini dapat dibeli di pasaran dengan harga mulai dari Rp2.000-an saja.

Kemudian, saat air sudah mulai panas, letakkan wajan yang pantatnya punya noda gosong ke atas wajan berisi air rebusan. Tunggu sampai airnya mendidih, lalu matikan api kompor.

Setelah air mendidih dan kompor dimatikan, lanjut diamkan wajan selama beberapa menit supaya noda gosongnya semakin terangkat. Terakhir, pindahkan wajan ke wastafel atau tempat cuci, lalu tuangkan sisa sabun cuci piring untuk menggosok sisa noda gosong yang masih menempel. Tera menggosok wajannya pakai sabut kawat.

"Jadi nggak usah pakai gerinda atau ampelas, karena bisa bikin wajan menjadi tipis," katanya.

Saat noda gosong sudah benar-benar hilang, bilas wajan pakai air mengalir sampai tak ada lagi sisa sabun. Kemudian, wajan bisa dikeringkan untuk disimpan atau dipakai masak lagi. Dijamin, wajan yang semula tampak dekil karena ada noda gosong, usai dibersihkan dengan trik ini hasilnya kinclong bak wajan baru.