-->

 

Masalah umum yang sampai saat ini masih membuat kebanyakan orang tidak percaya diri adalah rambut rontok. Bila kamu juga mengalaminya, maka jangan anggap remeh rambut rontok tersebut. Soalnya, kerontokan bisa menimbulkan kebotakan yang tentunya dapat mengganggu penampilan karena rambut akan tampak lebih tipis dan tidak sehat.

Bagi pemilik rambut tipis, tentu kamu selalu mencari cara menumbuhkan rambut dengan cepat agar tampilannya jadi lebih indah dan mudah diatur. Sayangnya, cara menumbuhkan rambut dengan cepat bukan perkara mudah. Kamu harus merawat rambutmu dengan bahan-bahan tertentu agar pertumbuhannya lebih cepat.

Cara cepat menumbuhkan rambut bisa dimulai dari memanfaatkan bahan-bahan alami, mengonsumsi obat tertentu, hingga memperbaiki pola makan. Agar bisa tumbuh dengan lancar dan kuat, rambut membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen. Asupan ini diperoleh dari aliran darah yang mengalir ke kulit dan folikel rambut. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga turut berperan dalam pertumbuhan rambut, seperti genetik dan usia.

Jika merasa pertumbuhan rambut kurang lancar atau memiliki masalah rambut, seperti rambut rontok dan mudah patah, ada beberapa cara cepat menumbuhkan rambut yang aman dan efektif. Cara-cara tersebut dilakukan dengan menggunakan beberapa bahan alami. 

Ini trik menumbuhkan rambut dengan cepat pakai kondisioner dari 1 bahan makanan. Seperti diketahui, kondisioner adalah produk perawatan agar rambut lebih mudah diatur. Selain itu, kondisioner juga membantu meningkatkan volume rambut yang berdampak pada penampilan. Nah, sedangkan bahan makanan yang dimaksud adalah beras. Tak hanya beras, bahan lain yaitu argan oil.

Manfaat beras untuk rambut ini berasal dari kandungan asam amino. Diketahui, asam amino merupakan senyawa yang penting untuk membentuk helai rambut sehat. Selain itu, beras mengandung jenis karbohidrat bernama inositol. Kandungan ini melapisi batang rambut sehingga lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Bahkan kandungan vitamin B dan E yang terdapat dalam beras mampu merangsang petumbuhan rambut yang lebih sehat.

Sementara argan oil mempunyai kandungan antioksidan, seperti vitamin E yang bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut. Fungsi argan oil untuk rambut tak terlepas dari kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya. Vitamin E merupakan antioksidan yang memiliki berbagai macam manfaat, terutama dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Nah, kandungan antioksidan seperti vitamin E dalam argan oil ternyata mampu mencegah kerusakan dan kerontokan rambut. Tak hanya itu, kandungan vitamin E yang melimpah ini juga terbukti merangsang pertumbuhan rambut. Sebuah penelitian yang terdapat dalam Tropical Life Sciences Research membuktikan kalau manfaat argan oil untuk rambut mampu merangsang pertumbuhannya.

Manfaat minyak argan untuk rambut lainnya adalah membantu mengatasi rambut kusut dan mencegahnya menjadi kering. Semua itu berkat kandungan vitamin E dalam minyak argan. Minyak ini juga dapat dimanfaatkan sebagai kondisioner agar rambut menjadi halus, berkilau, serta lebih mudah disisir dan diatur.

Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang akan digunakan, yuk simak cara membuat kondisioner untuk menumbuhkan rambut berikut ini.

Bahan:
  • 3 sendok makan beras.
  • Air secukupnya.
  • 1 sendok makan argan oil.
Cara membuat:
  1. Cuci beras terlebih dahulu lalu masak dalam panci menggunakan air secukupnya selama 10 menit sampai melunak.
  2. Angkat beras yang sudah menjadi nasi lalu masukkan ke dalam blender.
  3. Tambahkan argan oil dan air secukupnya.
  4. Haluskan sampai berbentuk seperti pasta.
  5. Saring lalu ambil airnya.
  6. Aplikasikan pada rambut setelah mencucinya menggunakan sampo.
  7. Pijat-pijat dan diamkan selama 5-10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
  8. Gunakan secara rutin setiap selesai keramas untuk mendapatkan rambut yang lebat dan bebas rontok.