-->

Nasi goreng merupakan menu andalan bagi kebanyakan orang saat ingin makan enak namun nggak punya waktu banyak untuk memasak. Bahkan, hidangan ini bisa jadi solusi saat ingin menghabiskan stok nasi sisa di rice cooker.

Kamu bisa berkreasi dengan memilih bumbu dan bahan untuk dimasak bersamaan dengan nasi. Nggak cuma itu, agar nasi goreng semakin nikmat, jangan lupa tambahkan berbagai topping sesuai selera. Mulai dari telur, bakso, sosis, dan aneka jenis sayuran.

Kunci kelezatan nasi goreng nggak cuma terletak dari bumbu dan aneka toppingnya saja. Melainkan dari kualitas dan tekstur nasi yang digunakan.

Sudah menjadi rahasia umum jika biasanya nasi goreng menggunakan nasi pera sebagai bahan utamanya. Nasi pera ini memiliki tekstur yang kering dan cenderung terpisah-pisah saat dimasak. Alhasil nasi goreng pun akan menjadi tambah lezat saat disantap.

Nah, untuk membuat nasi pera kamu bisa mengandalkan rice cooker untuk memasaknya. Berbeda dengan cara membuat nasi biasanya, kamu harus menggunakan trik saat bikin nasi pera agar tidak mengalami kegagalan.

Takaran beras dan air harus pas, ini rahasianya

Trik ini dibagikan oleh Koko Kuliner yang membagikan tutorial cara bikin nasi pera yang bertekstur kering sehingga cocok dimasak menjadi nasi goreng.

Cuci terlebih dahulu 1 cup gelas dengan air biasa. Agar bersih maksimal dan nggak mudah basi, bilas beras sebanyak 2 hingga 3 kali.

Masukkan beras yang sudah bersih ke dalam panci rice cooker. Jangan lupa tambahkan air juga ke dalamnya. Nah, agar tekstur nasi pera benar-benar kering, pastikan kamu menggunakan takaran air yang tepat.

"Ukurannya 1 cup gelas yang tadi dipakai untuk beras. Nggak lebih dan nggak kurang," jelasnya.

Tutup rice cooker dan masak nasi hingga menjadi matang. Setelah matang, langsung buka dan keluarkan panci rice cooker. Pindahkan nasi ke dalam wadah yang berlubang.

"Nah, ini nasinya biar lebih cepat dingin dan hasilnya pisah-pisah gini. Ini salah satu ciri nasi peranya berhasil karena sama sekali nggak nempel di tangan," ucapnya.

Nasi pera yang sudah dingin bisa langsung diolah kembali menjadi nasi goreng. Dijamin, nasi goreng yang dihasilkan akan menggugah selera karena memiliki tekstur yang kering. Tertarik untuk mencoba membuatnya?