-->

Sebagian orang menganggap makan belum lengkap kalau tidak pedas. Mau apa saja lauknya, jika dihidangkan bersama sambal, kelezatannya bertambah berkali lipat.

Buat penggemar sambal, pasti sudah nggak asing lagi sama sambal hijau. Sesuai namanya, warna sambal ini hijau karena bahan dasarnya ada cabai rawit hijau, cabai hijau besar, hingga tomat hijau.

Namun jangan salah, meski warnanya hijau, sambal satu ini juga pedas, lho. Biasanya, sambal hijau sering dijual di rumah makan padang. Sambal hijau menjadi pelengkap saat menyantap rendang ataupun daun singkong rebus.

Kalau kamu mau membuat sambal hijau khas rumah makan padang, coba tiru trik berikut. Sambal bikinannya disebut-sebut wangi, pedas, dan tidak mudah basi. Bahkan ia menjamin sambal hijau buatannya tersebut rasanya sama dengan yang dijual di rumah makan padang.

Pertama cuci terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan. Ada cabai rawit hijau, cabai besar hijau, tomat, bawang putih, dan bawang merah. Jika sudah, tiriskan hingga kandungan airnya berkurang.

Panaskan minyak lalu masukkan satu per satu bahan-bahan yang sudah dicuci tadi. Aduk-aduk dan goreng semua bahan hingga menjadi layu.

Apabila semua bahan sudah matang dan layu, langsung angkat dengan saringan. Tunggu hingga dingin, lalu masukkan semua bahan ke chopper. Nggak usah ditambahin minyak goreng lagi, langsung aja dihaluskan semua bahannya

Pindahkan sambal hijau yang sudah halus ke wadah. Lakukan proses yang sama hingga semua bahan sambal hijau tak ada yang tersisa. Supaya awet tahan lama, sambal hijau tidak langsung disajikan, melainkan harus digoreng kembali.

Panaskan minyak goreng lalu tambahkan 2 lembar daun jeruk. Selain jadi wangi, ini bikin sambal hijau makin nikmat.

Langsung masukkan sambal hijau yang tadi. Aduk-aduk dan masak hingga mengeluarkan aroma harum. Jangan lupa tambahkan bumbu seperti garam, kaldu bubuk, dan micin secukupnya. Jika dirasa sudah matang, langsung saja angkat dan sajikan sambal hijaunya.