-->

Ada banyak jajanan tradisional hingga hidangan berat yang dibungkus dengan daun pisang. Misalnya lemper, arem-arem, nasi bakar, pepes, lontong, dan lainnya. Memakai daun pisang memang bisa bikin aroma makanan lebih nendang.

Dengan harga terjangkau, kamu bisa membeli daun pisang segar dan berwarna hijau cerah. Apabila daun pisang tersebut tidak habis digunakan sekali waktu, kamu bisa menyimpan sisanya sebagai stok. Tapi stok daun pisang ini harus disimpan dengan benar, ya. Karena jika asal, daun pisang malah akan kering dan menguning.

Sebagai solusinya, sebagian orang memilih menyimpan daun pisang di lemari es. Sayangnya meski tahan lama, namun cara ini justru membuat daun pisang malah cepat kering dan tidak mengilap, lho.

Nah, kamu sebenarnya bisa meniru cara yang dibagikan oleh NJ Share saat menyimpan daun pisang.

NJ memilih terlebih dahulu daun pisang yang akan dijadikan stok. Pastikan tidak ada bagian yang menguning, ya. Selain itu, daun pisang nggak perlu dipotong-potong.

"Bagian keras ini jangan dipotong. Kandungan airnya malah membantu kesegaran daun pisang selama disimpan," jelasnya.

Selanjutnya, cuci bersih daun pisang di bawah air mengalir. Kalau sudah, tiriskan dan lap seluruh permukaannya dengan lap kering. Nggak cuma itu, ia juga mengoleskan minyak goreng di permukaan daun pisang.

"Oles di kedua belah daun pisang. Oles pelan-pelan dan berlawanan arah dengan serat daun pisang. Ini fungsinya biar mengilap dan tetap hijau saat disimpan," ucapnya.

Kalau semua sudah dioles minyak goreng, satukan dan gulung daun pisang. Jangan lupa, gunakan selembar tisu kering sebagai lapisan luar gulungan tersebut.

Setelah itu, masukkan gulungan daun pisang ke plastik kedap udara. Tutup rapat-rapat plastik lalu simpan di kulkas.

Nggak cuma itu, ia pun membagikan cara lain untuk menyimpan stok daun pisang. Caranya dengan merendam daun pisang di dalam air.

"Biarkan macam ini selama 30 menit, setelah itu tiriskan selama 10 menit," jelasnya.

Langsung bungkus daun pisang dengan plastik dan masukkan ke kulkas. Dengan kedua cara ini, dijamin daun pisang akan tetap segar dan berwarna hijau cerah meski disimpan dalam waktu lama.