-->

Mengolah makanan dengan teknik goreng memang praktis, namun akan menjadi menyebalkan ketika minyak goreng yang digunakan malah penuh dengan busa. Gelembung-gelembung tersebut menandakan bahwa minyak goreng sudah rusak dan tidak stabil lagi.

Usut punya usut, hal ini terjadi karena adanya degradasi atau kontaminasi minyak goreng. Biasanya disebabkan karena penggorengan dengan suhu yang terlalu tinggi, penggunaan minyak goreng berkualitas rendah, ataupun menggoreng bahan-bahan tertentu.

Jika sudah seperti itu, kebanyakan orang memilih untuk membuang dan mengganti dengan minyak goreng baru. Hal ini menyebabkan penggunaan minyak goreng jadi lebih boros.

Sebagai solusinya, sebagian orang sengaja memasukkan bawang putih untuk membersihkan minyak gorengnya. Meski efektif menghilangkan busa, namun cara ini terkadang meninggalkan aroma bawang di minyak goreng.

Nah, tapi ternyata ada cara lain yang bisa kamu tiru untuk menghilangkan busa di minyak goreng. Cara ini ditunjukkan oleh Mom's Efficient Kitchen menunjukkan setiap tahapannya saat membersihkan minyak goreng yang berbusa.

Mengaku sehabis menggunakannya untuk menggoreng telur, minyak goreng yang digunakan pun menjadi penuh dengan busa. Padahal, ia bermaksud untuk menggoreng bahan lainnya dengan sisa minyak goreng tersebut.

Nggak langsung membuangnya begitu saja, ia pun langsung memasukkan minyak goreng ke dalam gelas. Dengan cara ini, kotoran minyak goreng pun berkumpul menjadi satu di dasar gelas.

Setelah itu, panaskan wajan yang akan digunakan sampai benar-benar panas. Jika sudah, tuang minyak goreng secara perlahan ke wajan.

"Untuk kotorannya nggak kita ikutin, langsung buang aja nanti," ujarnya.

Pastikan kamu selalu mengaduk-aduk minyak goreng saat proses ini, ya. Apabila wajan sudah mengeluarkan asap, matikan kompor dan kembali aduk minyak goreng di wajan.

"Kita aduk dan goyangkan seperti ini, dijamin busa di minyak goreng akan hilang dengan sendirinya," jelasnya.

Alhasil setelah dipanaskan selama beberapa menit, minyak goreng pun menjadi bersih seperti baru lagi. Sudah nggak ada sama sekali busa yang ada di dalamnya, nih. Dengan begitu, minyak goreng pun bisa langsung digunakan untuk menggoreng aneka bahan masakan. Gimana, mudah kan triknya?