-->

Sajian lebaran seperti rendang, dendeng, dan semur daging merupakan santapan wajib dalam perayaan Hari Raya Idulfitri. Akan tetapi, makanan-makanan lezat tersebut memerlukan metode memasak yang tepat agar menghasilkan tekstur daging yang benar-benar empuk dan tidak terasa alot saat dikunyah. Lantas, bagaimana cara memasak daging supaya bisa empuk sempurna?

Memasak daging dalam jumlah banyak bisa membuat penggunaan gas kompor menjadi lebih boros dari biasanya. Supaya lebih menghemat gas, Beauties bisa mencoba satu solusi merebus daging secara lebih efisien lewat metode memasak 5-30-7. Teknik memasak daging 5-30-7 adalah metode yang paling populer dan cocok digunakan jika kamu tidak memiliki panci presto di rumah.

Pada dasarnya, ini termasuk teknik blanching, yakni proses memasak bahan makanan dengan memasukannya ke dalam air mendidih dalam durasi yang sebentar. Tak cuma daging, beberapa bahan masakan lain juga bisa matang sempurna dengan metode 5-30-7. Di antaranya seperti kikil, babat, ceker ayam, beras untuk lontong atau ketupat, kacang hijau, sagu mutiara, sampai jengkol.

Berikut cara mengempukkan daging dengan metode 5-30-7. Simak!

Cara Memasak Daging Sapi Cepat Empuk

Sebelum memasak daging, memotong daging berlawanan arah serat merupakan teknik yang paling sederhana untuk membuat daging empuk.

Pertama, siapkan panci berisi air. Masak air sampai benar-benar mendidih, lalu baru masukkan potongan daging yang ingin dimasak. Rebus selama 5 menit dengan posisi panci ditutup.

Setelahnya, matikan api kompor dan tutup rapat panci. Pastikan panci tertutup rapat dan jangan dibuka selama kurang lebih 30 menit.

Usai daging didiamkan setengah jam, nyalakan kembali api kompor. Kali ini, rebus kembali daging selama 7 menit. Jika sudah, cek testur daging, ya.

Jika tekstur daging sudah pas, kamu bisa mengolah daging sesuai keinginan dengan menambahkan bumbu-bumbu.