-->
Semut seringkali dianggap hama di dapur. Bukan tanpa alasan, semut kerap mengerubungi bahan makanan ataupun masakan. Gerombolan semut tersebut sulit diusir dan tidak bisa langsung dibasmi dengan cairan pengusir semut. Karena hal tersebut tentu membuat makanan jadi terkontaminasi.

Oleh karena itu, penting meletakkan makanan dengan aman. Tak jarang kemudian sejumlah orang melakukan berbagai cara. Misalnya menggunakan kapur khusus pengusir serangga di sekitar meja makan, tempat meletakkan makanan. Bagi sebagian orang, cara ini kurang efektif karena goresan kapur tersebut bisa mudah hilang ketika tak sengaja tergores. Di sisi lain, kapur khusus pengusir serangga juga menimbulkan bau menyengat. Bau tersebut tentu berpotensi mengontaminasi makanan atau hidangan di dekatnya.


Siapkan alat dan bahannya

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan cara lain. Seorang warganet YouTube dengan akun bernama Bengkel Martin pernah membagikan cara yang lebih sederhana dan tahan lama. Hanya dengan satu bahan, semut bisa menjauh dari meja makan.

Dilansir BrilioFood dari Bengkel Martin, pengguna akun tersebut hanya mengandalkan minyak goreng. Selain minyak goreng, dia juga menyiapkan alat lain berupa asbak rokok berbahan alumunium yang kokoh dan tebal. Martin menyiapkan empatasbak rokok yang jumlahnya sama dengan kaki meja makan.

Nah, dia meletakkan asbak rokok ini di bawah kaki meja. Lalu isi asbak tersebut dengan minyak sayur. Martin menekankan untuk menggunakan minyak sayur baru (bukan jelantah) agar semut menjauh dari meja makan.

"Kalau (minyak) masih baru harusnya nggak, kalau habis buat goreng bisa disemutin," tukas YouTube Bengkel Martin.

Menurut Martin, cara ini cenderung ampuh dan aman. Tak perlu khawatir kayu rusak karena justru lapisan minyak ini bisa bikin kayu jadi lebih awet. Selain kayu, cara ini juga bisa diterapkan pada meja makan berbahan lain, baik meja kaca atau plastik.

Namun supaya lebih aman, sebaiknya ganti minyaknya setiap 1 bulan sekali. Jangan lupa juga untuk meletakkan meja jauh dari tembok atau beri ruang antara meja dan tembok supaya semut di naik melalui tembok tersebut. Dengan begitu, meja makan akan bebas dari semut dalam waktu yang lama.

Unggahan tentang cara mencegah semut datang ke meja makan ini telah ditonton lebih dari 19 ribu kali. Ada banyak warganet yang mengaku berterima kasih karena telah mendapat ilmu baru.