-->

Masakan serba bakar seperti ikan bakar, ayam bakar, telur bakar, dan lainnya memang sangat menggugah selera. Bahkan, banyak restoran menjadikan olahan bakar sebagai menu andalan.

Bikin masakan bakar di rumah sangat asyik, lho. Saat bikin bakaran, atur waktunya agar tidak gosong. Tapi kalau masak bakaran di rumah, tak sedikit orang malas ketika menyalakan apinya. Pasalnya, menyulut arang memang cukup sulit. Apalagi jika kamu tidak terbiasa.

Usut punya usut, ada trik mudah menyalakan arang hanya dengan bantuan 2 bahan, lho. Bukan bensin ataupun minyak tanah, namun kamu hanya memerlukan selembar tisu dan minyak goreng. Trik ini dibagikan oleh salah seorang warganet Dj Owix.

Dj Owix Channel menuang terlebih dahulu minyak goreng secukupnya ke wadah. Ia sendiri cuma pakai minyak goreng ukuran setutup botol minum.

"Segini aja udah cukup, yang penting ada," jelasnya.

Jika sudah, ambil selembar tisu, lalu remas-remas hingga menjadi gulungan tisu tersebut mengecil.

"Kalau mau apinya besar, bisa buat gulungan tisunya besar. Cuma karena biar irit minyak gorengnya, kita buat gulungan tisu kecil aja," jelasnya lebih lanjut.

Setelah itu, celupkan atau rendam gulungan tisu ke minyak goreng. Jika dirasa sudah cukup meresap, bakar gulungan tisu tersebut dengan korek api.

Langsung masukkan gulungan tisu yang sedang terbakar tadi di susunan arang. Diamkan selama beberapa menit agar arang menjadi terbakar dan panas sempurna.

"Boleh sambil dikipas-kipas biar apinya cepat menyala. Nggak sampai 5 menit, arang pun udah nyala, kan?" jelasnya.

Arang yang sudah nyala, bisa langsung digunakan. Dengan cara ini, proses memasak pun jadi lebih praktis, kan?