-->

Bagi yang nggak suka daging, telur bisa jadi alternatif bahan makanan yang bisa dikonsumsi. Nggak cuma enak, telur juga merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Dilansir healthline.com, kandungan tersebut dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak hingga meningkatkan metabolisme tubuh.

Telur bisa diolah dengan berbagai cara, seperti direbus atau digoreng. Dari sekian banyak olahannya, telur dadar menjadi andalan banyak orang. Termasuk telur dadar yang dijual di rumah makan Padang.

Iya, telur dadar rumah makan Padang memang memiliki rasa yang lezat. Apalagi bentuknya yang padat dan lebih tebal dari telur dadar biasanya. Menu satu ini cocok disantap bersama sepiring nasi dan daun singkong rebus.

Nggak melulu beli di luar, kamu bisa membuat telur dadar ala rumah makan Padang ini di rumah. Selain karena praktis, bahan-bahan yang digunakan pun mudah ditemukan di luaran sana. Nah, agar bentuk telur dadar lebih tebal, sebagian orang menambahkan air ke dalam kocokan.

Padahal cara ini membuat tekstur telur menjadi cair sehingga proses memasaknya lebih lama. Tentu hal ini menyebabkan penggunaan gas lebih boros, kan?

Telur dadar yang tebal dan kulitnya krispi

Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh Ika Mardatillah. Perempuan satu ini membagikan resep sekaligus tutorial bagaimana cara bikin telur dadar yang tebal dan kulitnya krispi. Nggak main-main, rasa telur dadar buatannya sama seperti yang dijual di rumah makan Padang.

Ika Mardatillah, agar bentuk telur dadar semakin tebal, warganet satu ini sengaja menambahkan berbagai isian di telur dadar. Pertama, ia iris daun bawang, cabai rawit dan seledri. Sisihkan.

Untuk bumbunya, ulek 2 buah cabai merah, 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 buah kemiri, garam, dan kunyit secukupnya. Jika sudah, masukkan bumbu halus ke dalam mangkuk berisi 3 butir telur. Jika sudah, tambahkan ketumbar bubuk, lada bubuk, garam, penyedap, dan larutan tepung beras.

“Larutan tepung beras ini yang buat tekstur telur dadar menjadi krispi nantinya,” ucapnya.

Untuk menambahkan cita rasa, tambahkan serundeng, irisan daun bawang dan cabai rawit. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Jika sudah, masukkan kocokan telur ke dalam minyak goreng panas. Gunakan minyak goreng yang banyak agar menghasilkan tekstur telur dadar yang renyah tahan lama.

"Nggak perlu dibolak-balik, langsung tutup saja telur agar bagian dalamnya juga matang," jelasnya.

Setelah didiamkan selama beberapa menit, buka tutup wajan dan balikkan telur dadar. Tunggu hingga kedua sisi menjadi matang dan berwarna kecokelatan.

Langsung angkat jika kedua sisi telur dadar matang dan berwarna kecokelatan. Tiriskan beberapa saat hingga kandungan minyaknya turun semua. Apabila sudah, potong dan sajikan telur dadar ala rumah makan Padang satu ini.