-->

Salah satu peralatan dapur yang hampir ada di setiap rumah adalah wajan. Bagaimana tidak, alat satu ini memang multifungsi. Nggak cuma digunakan untuk menggoreng, wajan juga bisa dimanfaatkan untuk menumis hingga memanggang makanan.

Meski multifungsi, penggunaan wajan pun nggak terlepas dari suatu kendala. Iya, biasanya proses pencuciannya memang menjadi kegiatan menyebalkan. Apalagi jika sudah ada kerak gosong di bagian bawah wajan.

Usut punya usut, kerak gosong ini muncul karena bagian tersebut terkena langsung api kompor. Semakin sering digunakan, kerak gosong di dasar wajan akan semakin menebal. Jika dibiarkan begitu saja, tentunya kerak gosong akan lebih melebar dan membuat tampilan wajan tampak kotor.

Jika sudah seperti itu, sebagian orang sengaja membuang wajan karena sudah tidak ingin menggunakannya. Jika kamu mengalami kejadian serupa, jangan terburu-buru berpikiran membuangnya, ya. Karena, ternyata ada cara praktis untuk membersihkan kerak membandel di pantat wajan.

Letakkan terlebih dahulu wajan di atas kompor dalam posisi terbalik. Cara membersihkan wajan agar bersih maksimal. Selain mudah ditiru, cara ini juga hanya memerlukan dua bahan dapur, yakni minyak goreng dan sabun cuci piring. Pastinya kedua bahan tersebut sudah ada di rumah, kan?

Caranya, letakkan terlebih dahulu wajan di atas kompor dalam posisi terbalik. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu panaskan wajan hingga kerak terkelupas dengan sendirinya.

Agar lebih cepat terkelupas, oleskan minyak goreng pada pantat wajan. Apabila dirasa cukup, matikan api kompor lalu kikis kerak di pantat wajan dengan pisau dempul. Karena sudah dipanaskan, alhasil kerak pun menjadi mudah untuk dikikis.

Coba perhatikan kerak yang membandel mudah lepas. Lakukan proses tersebut hingga seluruh kerak di pantat wajan menjadi menghilang semua. Jika sudah, cuci seperti biasa wajan dengan sabun cuci piring. Jangan lupa gosok-gosok bagian pantatnya dengan spons kawat.

Terakhir, bilas wajan dengan air mengalir. Pastikan seluruh permukaannya benar-benar bersih dan tidak licin lagi. Alhasil, wajan pun tampak bersih dan kinclong seperti baru lagi. Jika sudah seperti ini tentunya memasak pun jadi lebih semangat, kan?