-->


Bagi sebagian orang, membersihkan sisik ikan merupakan pekerjaan sulit. Pasalnya, tidak semua sisik ikan punya tekstur lunak. Jika tidak berhati-hati, sisik ikan tersebut bisa menyayat kulit tangan.

Membersihkan sisik ikan ini umumnya dilakukan dengan alat khusus penyisik ikan. Alat ini punya desain permukaan yang bergerigi untuk membantu mengangkat sisik ikan. Selain dengan alat tersebut, pisau dapur juga sering diandalkan untuk membersihkan sisik ikan.

Jika hendak menggunakan pisau dapur, kamu tentu harus tahu tekniknya. Selain ketajaman, posisi kemiringan pisau juga sangat memengaruhi. Jika posisinya salah, tentu sisik ikan akan lebih sulit dibersihkan.

Tapi tenang saja, kini kamu tak perlu khawatir lagi membersihkan sisik ikan. Karena ada cara cepat membersihkan sisik ikan tanpa pakai pisau. Tutorialnya yang dibagikan oleh Keluarga Parit 6.

Keluarga Parit 6 menjelaskan justru menggunakan sapu lidi untuk membersihkan sisik ikan dalam jumlah banyak. Untuk tutorialnya pun mudah dipraktikkan.

Pertama-tama, masukkan ikan ke dalam ember menggunakan ikan betok dan ikan sepat. Kedua jenis ikan ini punya ukuran yang kecil. Sisiknya pun cenderung kecil namun bertekstur keras.

Nah, setelah dimasukkan ke ember, langsung aduk-aduk menggunakan sapu lidi bersih. Aduk-aduk dengan kencang selama kurang lebih 2 menit. Ujung sapu lidi yang tajam akan membantu mengangkat sisik pada ikan.

Untuk membersihkan sisik ikan ini tentunya kamu membutuhkan sapu lidi yang lebih sedikit dan lentur. Atau biasanya jenis sapu lidi seperti ini digunakan untuk penggunaan indoor untuk membersihkan kasur, karpet, atau sofa.

Jika sudah, tuang air ke ember. Lalu aduk menggunakan tangan untuk meluruhkan sisik yang masih menempel. Terakhir, tiriskan ikan ke dalam wadah saringan.

"Kita tinggal ambil isi perutnya ini. Tidak perlu menunggu 1 jam untuk membersihkan sisik ikan,"

Teknik membersihkan sisik ikan ini tidak hanya berlaku untuk ikan sepat dan ikan betok, lho. Cara ini juga bisa dipraktikkan untuk semua jenis ikan bersisik. Namun dengan catatan, sisik ikan tidak besar dan bertekstur sangat keras.