-->

 

Salah satu jenis seafood yang banyak digemari oleh semua kalangan adalah kerang. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam kerang yang kerap dipasarkan. Salah satunya adalah jenis kerang dara yang bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat.

Kerang dara biasanya kerap diolah dengan cara ditumis, dioseng, dibuat menjadi sate, hingga kerap dipadukan dengan berbagai macam saus. Seperti saus padang, asam manis, saus tiram, dan lain sebagainya.

Ketika mengolah kerang dara sendiri, selain harus memastikan kerang yang kita makan masih segar, hal yang paling penting untuk diperhatikan lagi adalah kebersihan dari kerang yang akan kita konsumsi.

Ketika kamu tidak mengetahui teknik membersihkan kerang dara yang benar, pasti kamu kerap menganggap membersihkan kerang adalah pekerjaan menyulitkan karena harus disikat satu per satu. Padahal ada cara yang mudah membersihkan kerang dara lho, tanpa perlu disikat dan hanya menggunakan dua bahan dapur saja. Seperti apa langkahnya?

Cuci terlebih dahulu kerang dara menggunakan air bersih

Dilansir dari akun Tiktok @opahlegend78 yang membagikan cara mudah membersihkan kerang hanya menggunakan dua bahan saja, yaitu garam kasar dan air. Kamu hanya perlu melakukan beberapa step berikut ini agar kerang dara yang akan kamu olah menjadi bersih.

Step pertama yang harus kamu lakukan adalah, mencuci terlebih dahulu kerang dara menggunakan air bersih. Kemudian taburkan garam kasar ke dalam wadah yang berisi kerang dara.

Setelah itu, beri air sampai semua kerang dara terendam. Lalu aduk terlebih dahulu garam kasar agar larut dalam air. Kemudian diamkan kerang dara pada rendaman air garam selama 30 menit.

Jika sudah didiamkan selama 30 menit, kamu bisa melihat hasil air yang keruh. Kondisi ini menandakan kotoran yang ada pada kerang dara sudah keluar. Selanjutnya kamu bisa langsung membuang air rendaman tersebut, lalu bilas kembali menggunakan air bersih.

Bagaimana nih, mudah bukan cara membersihkan kerang dara? Setelah mengetahui cara ini, kamu tidak perlu repot-repot kembali membersihkan kerang dara dengan menyikatnya satu per satu.