-->

Cara Sederhana Menggunting Kuku Kucing dengan Baik dan Benar

Cara Sederhana Menggunting Kuku Kucing dengan Baik dan Benar

Memotong Kuku Kucing

Cara Sederhana Menggunting Kuku Kucing dengan Baik dan Benar: Beberapa orang yang memiara kucing tetapi tetap takut untuk memandikan atau menggunting kuku sang piaraan. Akhirnya, beberapa pencinta kucing itu tiba ke Pet Grooming minta orang yang sudah pakar untuk bersihkan kucingnya. Walau kedengar ringkas, bila terus menerus minta seseorang, pasti ongkos yang dikeluarkan untuk menjaga kucing jadi makin mahal. 

Walau sebenarnya, sebaik dan benarnya kamu dapat melakukan sendiri. Selainnya mengirit ongkos perawatan kucing, menggunting sendiri kuku majikan bisa juga menambahkan hubungan kamu dengannya. Singkirkan jauh hati takut akan mencederai kucing saat kamu menggunting kuku manisnya. Semua akan berjalan mulus tanpa cemas kucing cedera sepanjang kamu ikuti beberapa Cara Sederhana menggunting kukunya secara benar.

Cara Sederhana Menggunting Kuku Kucing dengan Baik dan Benar

Bila cemas kucing kamu akan melawan saat dipotong kukunya, kamu dapat mempersiapkan makanan ringan atau mainan buatnya sebagai peralihan sang kucing supaya tidak terpusat dengan yang kamu kerjakan. Kamu bisa juga menanti saat yang pas saat kucing tidak begitu aktif. Untuk keterangan lebih detilnya, Baca Cara Sederhana menggunting kuku kucing secara benar berikut ini:

1. Persiapkan perlengkapan

Siapkan gunting kuku kucing bila ada. Bila tidak ada, bisa memakai gunting kuku biasa. Persiapkan handuk kering sebagai alas kucing. Bila kucing melawan, kamu dapat manfaatkan handuk kering membuat perlindungan dirimu dari cakaran kucing. Minta kontribusi seorang untuk menolong kamu memegang kucing bila kucing terlampau aktif atau agresif.

2. Bikinlah kucing santai dan nyaman

Saat sebelum menggunting kuku kucing, untuk mereka santai dan nyaman. Bila kucing sedang aktif-aktifnya, kamu dapat merayu kucing dengan makanan ringan, makanan, atau mainan agar ia ingin dekati kamu. Umumnya, kucing semakin lebih tenang sesudah kenyang atau senang bermain. Tunggu hingga ia memperlihatkan pertanda nyaman. Beberapa kucing memang susah ditata, kemungkinan kamu dapat mencuri-curi waktu saat ia tidak sedang melakukan aktivitas.

3. Mengambil status yang nyaman untukmu dan kucingmu

Dapatkan status yang nyaman buat kamu dan sang kucing. Sesudah kamu mendapati status yang nyaman dan kucing terasa nyaman, tempatkan handuk di atas pangkuanmu lalu dudukkan kucing dengan perlahan-lahan.

4. Angkat salah satunya kaki kucing

Pijat telapak kaki kucing dengan perlahan-lahan untuk keluarkan kukunya dari tempat persembunyian. Pijat secara halus telapak kaki kucing dan pencet bantalan kaki yang segaris dengan batas jemari kucing tempat kuku kucing ada. Yakinkan sampai kuku kucing keluar dengan cara penuh.

5. Mengambil gunting kuku yang sudah dipersiapkan di dekatmu

Pakai gunting kuku yang sudah kamu persiapkan. Sebaiknya memakai gunting kuku khusus kucing. Tapi bila tidak ada, tidak jadi masalah memakai gunting kuku untung manusia. Masalahnya ketebalan kuku kucing berlainan dengan kuku manusia. Oleh karena itu, kamu agar lebih waspada saat mengguntingnya.

6. Potong kuku kucing di bagian yang Baik dan Benar

Kuku kucing terdiri dari 2 sisi, yakni: ujung kuku dan quick. Quick ialah sisi kuku kucing yang warna pink. Tempat quick sebagai tempatnya pembuluh darah kucing. Disamping itu, quick juga peka karena mempunyai jaringan saraf. Bila kamu menggunting kuku kucing sampai berkenaan sisi itu, kucing akan kesakitan dan akan mempunyai potensi berdarah.

7. Potong kuku kucing dari arah samping

Kamu mulai dapat menggunting kuku kucing saat kucing kelihatan santai. Ingat, potong sisi kuku yang warna putih saja, janganlah sampai terserang kuku yang warna pink atau terlampau dekat sama kuku warna pink. Supaya semakin aman, potong kuku dari samping untuk menahan kuku kucing patah. Dengan menggunting kuku dari samping, kamu dapat menyaksikan tempat pink lebih terang . Maka, kamu dapat semakin waspada dan meminimalkan kekeliruan saat mengguntingnya.

8. Potong kuku kucing satu demi satu

Potong kuku kucing satu demi satu yang sudah panjang. Kamu dapat mengawali dari 1 set kaki depan dan berlanjut ke kaki belakang. Pijatlah tiap bantalan jari kucing untuk memancing kuku kucing keluar sendirinya. Yakinkan kucing pada kondisi santai. Bila kelihatan pertanda kuatir dan ketakutan, beristirahatlah lebih dulu.

9. Membersihkan perlengkapan

Selekasnya membersihkan semua perlengkapan sesudah usai menggunting kuku. Buang potongan kuku ke arah tempat sampah. Jaga kebersihan kucing dan rumahnya untuk menghindar resiko ada penyakit lain. Paling akhir, beri makanan ringan ke kucing sebagai penghargaan karena sudah ingin dipotong kukunya.

LihatTutupKomentar