-->

Masjid Agung Jawa tengah Semarang dengan Arsitektur Yang Istimewa

Masjid Agung Jawa tengah Semarang dengan Arsitektur Yang Istimewa


Masjid Agung Semarang


Masjid Agung Jawa tengah Semarang dengan Arsitektur Yang Istimewa. Bila Anda ke Jawa Tengah untuk liburan, yakinkan Masjid Agung menjadi satu diantara arah Anda. Dibuat dari tahun 2001, dan di tahun 2006 keseluruhnya bangunan Masjid ini sudah selesai. Anda dapat menyaksikan style arsitektur yang unik yang diaplikasikan pada Masjid ini, di mana arsitekturnya merupakan gabungan dari arsitektur berpenampilan Arab, Romawi dan Jawa. 


Bangunannya betul-betul istimewa. Masjid sebagai kebanggaan masyarakat Jawa tengah ini dibuat di Kota Semarang. Banyak kelompok pelancong yang meluangkan untuk singgah ke Masjid Agung Jawa tengah ini karena selainnya untuk istirahat dan sholat, dapat nikmati arsitektur Masjid Agung Jawa tengah yang paling unik. Masjid Agung Jawa tengah atau umum dipersingkat MAJT masih erat berkaitan dengan Masjid Besar Kauman Semarang. 


Awalnya pembangunan MAJT yaitu dari tanah banda wakaf Masjid Besar Kauman Semarang yang telah kembali sesudah lumayan lama tidak ada informasinya. Pokoknya ada persoalan dengan wakaf tanah itu sampai pada akhirnya sesudah banyak faksi berusaha kembalikan banda wakaf itu saat ini MAJT telah dibuat di atasnya. Maka memang pembangunan MAJT tidak segampang itu, memerlukan perjuangan. Pengesahan gedung MAJT dilaksanakan oleh pak Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden Indonesia, disahkan tanggal 14/11/2006. 


Meskipun tanggal 14 November 2006 itu MAJT baru disahkan, tapi awalnya telah dipakai sebagai tempat beribadah Sholat Jumat mulai 19 Maret 2004. Masjid istimewa ini tidak cuman digunakan sebagai tempat beribadah untuk umat Islam saja, tetapi pusat kegiatan, tempat pengajaran, kegiatan religius, dan tempat wisata religius. Karena itu MAJT sangat populer sampai ke beragam wilayah, luar negeri. 


Bagian-bagian dari MAJT ini sanggup jadi magnet untuk beberapa pelancong, apa saja sebenarnya sisi itu?


Tongkat Khatib 


Ini sebagai tongkat pemberian Sultan Hassanal Bolkiah yang dari Brunei Darussalam. Tiruan bedug raksasa, meskipun cuman tiruan, tetapi bedug raksasa ini sudah pasti menarik pelancong, karena pada tempat lain belum pasti Anda dapat mendapatinya. 


Bedug 


Tiruan bedug itu dibikin memakai kulit lembu Australia, sama ukuran 310 x 220 cm. Yang berjasa membuat tiruan bedug raksasa ini ialah santri dari Pesantren Alfalah Mangunsari dari Jatilawang, Banyumas - Jawa barat.


Auditorium 


Yang cukup kece dari sarana yang disiapkan di MAJT yaitu auditorium yang dapat memuat sampai 2000 orang. Auditorium ini berada di sayap Masjid samping kanan. Umumnya auditorium digunakan untuk penyelenggaraan acara pernikahan, tempat pameran, dan beragam acara penting lainnya.


Ruangan perkantoran dan perpustakaan 


Dalam pada itu di sayap Masjid samping kiri, ada sarana ruangan perkantoran dan perpustakaan untuk umum. Pelancong bisa memakai sarana ini.


Al Quran Raksasa


Selainnya bedug raksasa, ada juga Al Quran raksasa sama ukuran 145 x 95 cm2. Al Quran raksasa ini ditaruh di di dalam ruangan khusus sebagai tempat sholat.


Menara Masjid Agung Jawa tengah atau Menara Asma Al-Husna


Menara Masjid Agung Jawa tengah atau Menara Asma Al-Husna. Menara dengan tinggi 99 m ini lumayan menarik dan multi-fungsi. Yang memikat bila Anda naiki sampai lantai 19, di lantai ini ada teropong (Gardu Pandang) untuk menyaksikan kota Semarang lebih terang.


Payung Masjid Agung Jawa tengah yang memiliki sifat elektrik


Sarana selanjutnya yaitu payung raksasa automatis sekitar 6 biji. Payung elektrik dengan diameter 14 m dan tinggi 20 m, selalu dibuka saat sholat Jumat. Payung Masjid Agung Jawa tengah ini bisa dibuka dan ditutup bergantung keperluan. Payung smacam ini dibikin mirip yang berada di Masjid Nabawi Madinah.


Pada intinya Masjid Agung Jawa tengah ini ialah tempat beribadah untuk umat Islam, maka bila anda masuk kedalamnya jadi tidak akan dikenai ongkos. Tetapi benar ada bagian-bagian Masjid Agung Jawa tengah untuk yang memasuknya harus bayar ongkos tertentu. Ticket masuk ke Menara MAJT Asmaul Husna ialah Rp. 3.000, dan jadi Rp. 4.000 sesudah jam 17.30. Untuk memakai teropong pandang dikenai fee kembali sejumlah Rp 500,00 s/d Rp 1.000,00 / teropong. Biaya ini tidak mengikat.



Masjid Agung Semarang


Paling akhir jika anda dan keluarga ingin bertandang ke Masjid Agung Jawa tengah ini karena itu anda dapat segera ke alamat Masjid Agung Jawa tengah di Jl. Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Semarang. Lokasi GPS ialah : -6.984533,110.447445.


Demikian artikel dari ENIPE.MY.ID mengenai Masjid Agung Jawa tengah, Masjid di Semarang dengan arsitektur yang paling istimewa. Selamat liburan.

LihatTutupKomentar